Seputar Pemrograman

Belajar Install Framework Laravel Dengan Composer Maupun Tanpa Composer

  12 September 2014     Tutorial Framework Laravel     seputarpemrograman

Dalam tutorial ini akan membahas cara install framework laravel dengan composer maupun tanpa composer. Seperti menggunakan installer laravel yang sudah disediakan oleh laravel, menggunakan via composer create-project cara ini paling banyak dipakai, menggunakan via download dan install tanpa composer dengan download laravel yang sudah siap dari pihak ketiga.

Persiapan / Alat yang dibutuhkan :

  1. Browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer)
  2. Web Server  (Apache Web Server, Nginx, Litespeed).
  3. Database (MySQL,  Oracle, MariaDB, mongodb) di point no. 2 dan no. 3 kita langsung menggunakan xampp yang support apache dan MySQL. Jadi anda bisa langsung Install xanpp, wampp dan sejenisnya.
  4. Editor (Notepad++, Sublime Text,  Netbeans, Atom)
  5. Composer, cara install langsung menuju ke web resminya composer atau jika menggunakan OS window bisa menggunakan ini Composer Setup silahkan didownload cara install seperti install aplikasi pada umumnya. Apa itu composer ? composer adalah package management tool untuk PHP. Jadi kita akan lebih mudah dalam install ataupun uninstall library atau package yang dibutuhkan.
  6. Koneksi Internet, jika tidak memiliki koneksi internet untuk install framework laravel melalui composer tidak bisa diikuti karena dalam proses install membutuhkan koneksi internet.

Untuk dalam tanda kurung anda bisa memilih sala satuh saja tidak usah semua dipakai.

Sebenarnya untuk point no. 3 kali ini bisa di hilangkan tapi alangkah baiknya kita persiapkan lebih awal.

 

Install Framework laravel menggunakan composer via installer

Install framework laravel dengan via installer adalah fitur baru yang ada di versi laravel 4.2. Di versi sebelumnya cara ini belum ada.

Pertama download laravel installer menggunankan composer, perintahnya :

composer global require "laravel/installer=~1.1"

Untuk membuat projek baru perintahnya

laravel new namaproject

Tunggu hingga proses install selesai.

Catatan : cara ini tergolong lumayan sulit, apalagi bagi pengguna windows jadi saya sarankan untuk pemula bisa menggunakan cara dibawah ini.

 

Install framework laravel menggunakan composer Via Composer Create-Project

Kita sarankan untuk install anda menggunakan cara ini, yaitu menggunakan composer. Kenapa harus install dengan via composer  ?  karena dengan menggunakan composer hasil install laravel kita akan selalu update, selain itu jika ada file yang tidak terinstall secara benar maka akan ada peringatan. Walaupun untuk pengguna baru akan terasa ribet atau kurang nyaman, tapi seharusnya kita belajar dan mengenal hal – hal baru agar tidak ketinggalan.

Untuk install laravel dengan composer, pertama buka commad prompt atau command line (cmd).

 command_prompt 

Lalu ketikkan perintah seperti dibawah ini :

composer create-project laravel/laravel projectlaravel --prefer-dist

catatan : projetlaravel adalah naman project kita atau nama project yang diingkan, bisa diganti dengan nama lain, ingat jangan menggunakan karakater aneh dan spasi.

Berikut contoh langkah atau gambarnya.

tahap_install_laravel_via_composer

Perintah diatas adalah untuk konfigurasi penempatan project yang akan diinstall

F: , perintah untuk mengalihkan atau ganti ke Disk F di komputer kita, bisa diganti ke Disk lain jika tidak ada misal C: , D: ataupun  E:.

Cd laravel , perintah digunakan untuk pindah ke suatu folder dan di Disk F usahakan sudah membuat folder bernama laravel.

composer create-project laravel/laravel projectlaravel --prefer-dist ,  perintah untuk install framework laravel.

Setelah perintah diatas dijalankan dengan menekan Enter pada keyboard. Maka proses install akan berjalan dan tunggu sampai selesai.

tahap_install_laravel_via_composer_2

tahap_install_laravel_via_composer_3

tahap_install_laravel_via_composer_4

Jika sudah ada keterangan set successfully, itu tandanya install framework laravel sudah berhasil. Silahkan di cek di folder dimana anda menginstall laravel tersebut. Dalam tutorial ini berdana di Disk atau Drive F: dan didalam folder laravel.

 

Install framework laravel menggunakan composer Via Download

Cara install yang satu ini juga tergolong mudah cuma kita harus download dahulu file Master Laravel  . setelah itu extract, kalau dalam tutorial ini kita extract di Disk atau Drive F: dan di folder laravel didalam folder laravel buat folder baru bernama projectlaravel-2, kita extract disini. Sehingga seperti gambar dibawah ini :

 tampilan-folder-dan-file-laravel

Project diatas belum bisa dijalankan, kita ketik perintah berikut di cmd :

tahap_install_laravel_via_download

Seperti sebelumnya

F: untuk pindah Disk / Drive

cd laravel/projectlaravel-2 adalah path project yang kita extract tadi, lalu

composer install digunakan untuk install projectnya, bisa juga menggunakan perintah  composer.phar install, tunggu sampai proses selesai.

tahap_install_laravel_via_download_2

Dengan kondisi tampilan seperti diatas maka tahap install selesai dan siap digunakan.

 

Install Framework Laravel Tanpa Menggunakan Composer

Cara ini tidak diajurkan walaupun mudah, karena file mungkin tidak update. Untuk file projectnya langsung bisa didownload di laravel-preloaded atau pun hasil install dari tutorial ini.

Pembahasan diatas adalah berbagai macam cara untuk install framework laravel, anda bisa memilih salah satu dari cara diatas yang dianggap mudah dipahami. Untuk cara menjalankan projectnya silahkan dilihat di tutorial cara menjalankan laravel.


comments powered by Disqus

CARI

KATEGORI PEMROGRAMAN

PEMROGRAMAN Terpopuler

PEMROGRAMAN ACAK